Friday, January 2, 2009

RUMAH TANGGA ISLAM

RUMAH TANGGA IslAM

Segala puji Bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Dan para shahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.
Rumah merupakan nikmat diantara nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya, agar ia bisa berlindung dari panasnya matahari dan dinginnya hujan serta udara luar, serta menyimpan barang-barang miliknya serta menutup diri dan keluarganya dari mata manusia. Allah berfirman:
????? ??? ??? ?? ?????? ????? ( ???? ????? ?????: 80 )
"Dan Allah menjadikan untuk kalian rumah-rumah untuk tempat tinggal" (QS. An Nahl: 80)
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang dipaeroleh manusia dari rumah ini, kita tidak bisa bayangkan seandainya kita hidup tanpa rumah, niscaya akan banyak sekali bahaya yang mengancam kita dan keluarga, baik dari segi kesehatan, keamanan, kenyamanan maupun keselamatan. Rumah berarti tempat tinggal, tempat berkumpul dengan keluarga tempat mendidik dan melatih anak-anak kita agar tumbuh lebih dewasa dan tanggung jawab, disamping tempat yang aman bagi para wanita, Allah berfirman:
???? ?? ?????? ??? ????? ???? ???????? ?????? (???? ??????? ????? : 33)
Tetap tinggalah dirumah-rumah kalian (wahai para wanita) dan janganlah tabarruj (memamerkan perhiasan kalian) sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah yang pertama" (QS. Al- Ahzab: 33)
Dan jika engkau amati orang-orang yang tidak punya rumah, baik karena sedang dipengungsian maupun gelandangan yang tinggal dibawah jembatan dan pinggir jalan, maka engkau akan merasakan betapa besarnya nikmat rumah yang engkau tempati.
Ketika Allah menghukum bany Nadhir Allah perintahkan Rasul-Nya untuk mengusir mereka dari rumah-rumah mereka sehingga kehilangan nikmat ini dan bercerai-berai kemana-mana. Ia berfirman
?? ???? ???? ????? ????? ?? ?????? ???? ????? 000 ?????? ?????? ??????? ????? ???????? ???????? ?? ???? ??????? ( ???? ????? ? ????? : 2)
" Dialah yang mengeluarkan orang-orang kafir dari rumah-rumah mereka pada pengepungan pertama" lalu berfirman: mereka merobohkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka dan tangan-tangan kaum muslimin maka ambilah pelajaran (darinya) wahai orang-orang yang memiliki akal" (QS. Al Hasyr: 2)

Urgensi memelihara keutuhan rumah tangga
Ada beberapa hal yang mendorong setiap muslim untuk menjaga rumah tangganya, antara lain:
1- Menjaga diri dan keluarga dari siksa api neraka.
?? ???? ????? ????? ??? ?????? ??????? ???? ?????? ????? ???????? ????? ?????? ???? ???? ?? ????? ???? ?? ????? ??????? ?? ?????? ( ???? ??????? ? ????? : 6)
"Wahai orang-orang yang beriman jagalah diri dan keluarga kalian dari siksa neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan batu, diatasnya malaikat-malaikat penjaga yang kasar dan bengis, tidak menyelisihi apa yang Allah perintahkan kepada mereka dan mengerjakan apa-apa yang diperintahkan kepada mereka" (QS. Al Tahrim: 6)
2- Besarnya tanggung jawab yang diemban oleh pemimpin rumah tangga pada hari kiyamat dihadapan Allah swt. karena Allah akan menanyakan kepada setiap pemimpin tentang orang –orang yang dipimpinnya, hingga seorang kepala keluarga akan ditanya tentang keluarganya, apakah ia menjaga mereka atau mengabaikannya.
3- Rumah merupakan tempat dimana kebanyakan orang menghabiskan waktunya didalamnya, dan ia juga merupakan tempat berlindung yang dianjurkan oleh islam ketika terjadi fitnah sehingga ia tidak terjerumus kedalam fitnah yang bergejolak dimasyarakatnya.
4- Rumah merupakan komponen terpenting dalam membentuk masyarakat yang baik dan kokoh. Jika rumah itu baik dan dibangun diatas pondasi syariah dan berpegang erat dengan syariat Allah niscaya akan terbentuk masyarakat islami dan harmonis, kokoh menghadapi berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam.
Jika demikian urgensi rumah dalam kehidupan seorang muslim sedangkan dirumah kita banyak terajadi kemungkaran dan maksiat, maka apasaja yang bisa menjaga kebaiakan rumah tangga?

1-Memilih pasangan yang baik.
Ketikan seseorang hendak menikah untuk membina rumah tangga hendaknya ia memilih calon pasangannya dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan hal-hal yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:


???? ?????? ????? : ?????? ? ??????? ? ??????? ? ??????? ? ????? ???? ????? ???? ???? " ???? ????
Seorang wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya niscaya engkau akan beruntung(Muttafa 'alaih).
Wanita shalihah merupakan perhiasan dan kesenangan dunia yang paling utama, karena ia akan memberikan kesejukan dan ketenangan kepada suaminya serta mendidik anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah, ialah yang akan berperan besar terhadap pendidikan dan masa depan suatu bangsa. Pilihlah wanita yang penyayang dan dari keluarga yang subur dan baik-baik agar bisa memberikan keturunan kepada anda, karena Rasulullah akan berbangga dengan banyaknya umat beliau pada hari kiyamat, dan diutamakan untuk memilih wanita yang masih gadis, karena mereka ridha dengan apa yang ada pada kita dan lebih penyayang.
2- Berusaha untuk membina hubungan baik antara suami istri
Jika terjadi hubungan yang kurang harmonis antara pasangan suami istri, dan hal ini sering terjadi pada keadaan-keadaan seperti berikut ini:
• Jika ada seseorang yang menikah dengan wanita yang awam terhadap agama islam, maka seorang suami berkewajiban untuk mendidiknya dengan semaksimal mungkin agar ia bisa menjadi wanita yang shalihah dan bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dan keluarganya.
• Berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu keimanan dan keislamannya dengan membiasakan ia untuk shalat malam, membaca al qur'an, dzikir pagi dan petang, serta mengingatkannya akan pentingnya waktu dalam kehidupan seorang muslimah, membaca buku-buku islami, mengajarinya untuk banyak sedekah, mendengarkan kaset-kaset islamy, serta memilihkan untuknya teman-teman yang baik dan taat beragama.
3- Jadikanlah rumah sebagai tempat berzikir dan menimba ilmu.
??? ??? ???? ???? ???? : ??? ????? ???? ???? ???? ??? ? ?????? ???? ?? ???? ???? ??? ??? ???? ??????.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. bersabda": perumpamaan antara rumah yang didalamnya disebut nama Allah dan yang tidak disebut nama Allah, bagaikan orang yang hidup dan yang mati".
Betapa banyak rumah-rumah kaum muslimin yang sepi dari zikrullah, dipenuhi suara-suara setan dan gambar-gambar yang menyebabkan murka Allah seperti nyanyian-nyayian dan musik serta memajang poster-poster dan gambar mahluk bernyawa yang itu semua menghalangi masuknya malaikat rahmat kedalamnya

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com